Friday, June 15, 2012

Cara Mengatasi Alergi Secara Tradisional


cara mengatasi alergi secara tradisional

Alergi adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap berbahaya, padahal sebenarnya tidak. Bahan-bahan yang menyebabkan seseorang menderita alergi disebut alergen. Debu, cuaca dingin, obat-obatan atau makanan tertentu yang sebenarnya tidak membahayakan dapat bertindak sebagai alergen pada orang tertentu.
Alergen tersebut masuk ke dalam tubuh melalui paru-paru atau saluran pencernaan kemudian masuk ke dalam jaringan-jaringan dan merangsang pembentukan antibodi. Pembentukan antibodi yang merusak jaringan yang bersangkutan itulah yang menimbulkan gejala dan keluhan alergi.

Reaksi alergi seseorang berbeda-beda bergantung pada jenis alergen. Namun demikian, alergi tetap harus dilakukan pengobatan karena akan menganggu aktivitas orang yang bersangkutan. Ada 2 (dua) cara mengatasi alergi yang paling umum dilakukan, yaitu secara medis dan cara mengatasi alergi secara tradisional.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi alergi secara tradisional:
Cara mengatasi alergi yang menyerang hidung sehingga menyebabkan bersin-bersin:
  • 7 lbr daun sambung nyawa ditambah 30 gr sambiloto segar, direbus dengan air 500 ml hingga tersisa 200 ml.  Airnya disaring kemudian diminum dalam kondisi hangat.
  • Ambil daun lidah buaya yang sudah dikupas secukupnya, kemudian diblender sampai menjadi jus. Teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet.
Cara mengatasi alergi secara tradisional yang menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal:
  • Ambil daun ketepeng china segar secukupnya, haluskan lalu dioleskan pada bagian kulit yang gatal karena alergi.
  • Ambil sambiloto segar secukupnya, tambahkan kunyit segar dan belerang belerang. Haluskan campuran itu hingga lembut, oleskan pada bagian kulit yang gatal karena alergi.
Budayakan untuk meninggalkan jejak atau command anda jika telah membaca artikel ini... Terima Kasih
 


0 comments:

Post a Comment