Monday, August 6, 2012

Virus Komputer Berbahaya 2012


Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri [1] dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.[Wikipedia]

Cara Kerja Virus
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.[Wikipedia]
 
Komputer ter infeksi Flame
Dan baru-baru ini para peneliti telah menemukan virus komputer yang di beri nama Flames . Seperti berita yang saya kutip dari okezone, virus ini memiliki berbagai kemampuan pengintai yang rumit, termasuk merekam pembicaran secara diam-diam . Negara Timur Tengah yang menjadi sasarannya dan Iran telah memerintahkan instalasi komputer resmi dari kajian darurat, setelah virus baru yang dikenal dengan nama Flame itu ditemukan. Bahkan para ahli keamanan mengatakan, perangkat lunak berbahaya ini 20 kali lebih kuat program jahat cyber lain, termasuk virus Stuxnet dan hanya bisa diciptakan oleh sebuah negara. Flame, merupakan sistem senjata cyber ketiga yang mengekspos wilayah Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir. Flame pun memiliki kemampuan yang mengancam informasi penting. Virus komputer ini bisa mengumpulkan data file , mengubah pengaturan komputer dari jarak jauh, menyalakan mikrofon komputer untuk merekam percakapan, mengambil gambar layar ( screen shot ) dan menyalin percakapan pesan singkat .

Menurut salah satu pembuat Antivirus terkemuka di Dunia yakni Kaspersky, program jahat tersebut tampaknya telah dirilis sejak lima tahun lalu dan menginfeksi mesin di Iran, Israel, Sudan, Suriah, Lebanon, Arab Saudi dan Mesir. "Jika Flame tidak ditemukan selama lima tahun, satu-satunya kesimpulan logis adalah ada operasi lainnya yang sedang berlangsung dan kita tidak mengetahui apa itu," kata seorang peneliti keamanan senior Kaspersky Roel Schouwenberg. Diungkapkan Schouwenberg, ada bukti menunjukkan bahwa kode virus tersebut ditugaskan oleh bangsa atau negara yang sama di balik Stuxnet dan Duqu. Tapi Crysys Lab, yang menganalisis virus komputer di Universitas Budapest mengatakan, bukti teknis adanya hubungan antara Flame, Stuxnet, dan Duqu tidak meyakinkan. Untuk diketahui, virus ini tidak menyebarkan dirinya secara otomatis, kecuali jika operator yang tersembunyi mengizinkannya. Sementara itu, menurut Alan Woodward dari Departemen komputasi di Universitas Surrey, Flame merupakan virus yang sangat mengganggu. "Ini (Flame) tidak ditulis oleh beberapa remaja iseng. Virus ini besar, rumit, dan ditujukan untuk mencuri data sambil bersembunyi untuk waktu yang lama, "ungkapnya.

Cara Mengatasi
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

0 comments:

Post a Comment