Friday, October 26, 2012

Prosesor 8 Core 'Ditarik' Hingga 8,1 GHz


Detik.com Sebelum melangkah keberita detik.com sedik saya tambahkan tentang overlock, overklok adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat kinerja lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya periferal computer yang dilewahjamkan. Lewahjam biasanya dipraktikkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja di atas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kinerja komputer.
Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama Mainboard, RAM, dan Prosesor.
Untungnya sekarang banyak perangkat keras yang dibuat dengan fabrikasi yang sudah handal untuk keperluan overclock, sehingga apabila dengan wawasan pengertian dan pengalaman overclock, itu kerusakan pada saat overclock dapat diminimaliasi.
Menurunnya tingkat kestabilan PC karena overclock bisa disebabkan oleh buruknya kualitas power supply unit (PSU), memori, dan atau mainboard. Untuk menghindari ketidakstabilan tersebut cobalah untuk mengganti power supply dengan kualitas yang baik dan cukup untuk menyuplai daya yang dibutuhkan oleh PC, dan perhatikan keadaan PC (Monitoring Hardware) selalu agar dapat mengetahui kesehatan PC kita karena hardware kita dalam keadaan ter-overclock. Memori dengan kualitas baik dan dapat membantu kestabilan PC, motherboard yang bagus dan memadai dengan bios yang lengkap. Untuk perangkat keras dengan kualitas memadai dan bagus untuk dioverclock tidak selalu berharga mahal (wikipedia) 
nah setelah kita baca sedikit tentang overlock mari kita simpak siap yang bisa melakukan overlock yang begitu hebat dan jenis prosesor apa yang berhasil di overlock sampai sebesar itu:

Overclock tertinggi saat ini memang masih dipegang overclocker bernama Andre-Yang. AMD FX-8150 miliknya berhasil di-overclock hingga 8,7 GHz. Namun Andre-Yang hanya menggunakan 2 core agar prosesor miliknya mencapai kecepatan tersebut.

Meski belum dapat mematahkan rekor Andre-Yang, seorang overclocker asal Korea dengan sebutan NAMEGT berhasil melakukan overclock prosesor AMD FX-8350 miliknya hingga kecepatan 8,1 GHz. 

Edannya lagi, overclocker ini mampu mencapai kecepatan tersebut dengan 8 core aktif seluruhnya!

Menggunakan mainboard ROG Crosshair V Formula-Z besutan Asus, kecepatan clock tersebut dapat tercapai setelah NAMEGT menaikan FSB prosesor hingga 281 MHz dengan pengalian 29x dan menaikkan suplai daya ke prosesor hingga 1,932v. 

Seperti dilansir Techpowerup, keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari memori ber-chip Samsung yang dijalankan pada kanal ganda dan sistem pendinginan prosesor dengan penggunaan nitrogen.


Demikian berita ini saya dapat dari detik.com. saat nya kita bilang WOOOOWWWWW Kerennnn!!! hehehe

0 comments:

Post a Comment